Atasi Sakit Kepala Saat Menstruasi

Mengapa ketika kamu sedang atau menjelang menstruasi sering merasa sakit kepala? Biasanya menstruasi akan berlangsung selama 3 sampai 7 hari dan durasinya berselang antara dua puluh satu sampai tiga puluh lima hari. Ternyata sakit kepala memang salah satu gejala dari menstruasi. Mungkin pada sebagian wanita, gejala sakit kepala tidak begitu berat, namun bagi sebagian lainnya sakit kepala ketika atau menjelang menstruasi akan sangat mengganggu. Perubahan hormonal yang dialami wanita ketika sedang menstruasi dapat menyebabkan berbagai gejala pada tubuh, salah satunya adalah sakit kepala.

Munculnya sakit kepala ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti perubahan hormon yang terjadi ketika haid dan rendahnya kadar hormon estrogen dalam tubuh. Selain itu, sakit kepala juga dapat dihubungkan dengan kondisi psikis seperti akibat dari terlalu stres. Sakit kepala ini bisa muncul kapan saja, baik sebelum haid atau pun sesudah haid. Nah, bagi wanita sendiri, sakit kepala saat haid dapat dirasakan wanita sejak masa remaja, selama masa produktif hingga menjelang menopause.

Terdapat beberapa kebiasaan yang memungkinkan menjadi penyebab sakit kepala saat haid. 

  • Kurang istirahat

Kebiasaan yang pertama adalah kurang tidur atau istirahat. Kurang tidur dapat menyebabkan kacaunya kerja tubuh. Jika kurang istirahat, tubuh akan panas dan mengalami penurunan fungsi, termasuk fungsi mengaturan hormon saat menstruasi.

  • Stres

Selain kurang tidur, kebiasaan yang menyebabkan seseorang lebih rentan terkena sakit kepala adalah stres. Katanya, ketika seseorang dalam kondisi stres, tubuh akan melepaskan radikal bebas yang sifatnya merusak tubuh. Radikal bebas itu tidak hanya merusak sel-sel yang ada di dalam tubuh, namun juga mengacaukan pengaturan hormon dan mood ketika menstruasi.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

  • Istirahat

Hal pertama yang dapat mengatasi sakit kepala saat menstruasi adalah dengan istirahat, berbaring dan meminum air hangat. Cobalah untuk beristirahat sejenak agar lebih tenang dan merasa lebih segar sehingga nyeri sakit kepala bisa otomatis berkurang.

  • Relaksasi

Selanjutnya adalah dengan relaksasi. Apa itu relaksasi? Ini sama aja seperti bermeditasi, menurunkan tekanan pada pikiran dan fisik. Relaksasi dapat menjadi cara ampuh untuk mengatasi kepala saat menstruasi.

  • Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Ada beberapa makanan yang dapat menjadi penyebab sakit kepala ketika menstruasi seperti makanan yang mengandung MSG, alkohol, kafein, keju dan daging olahan. Cobalah untuk menghindari makanan dan minuman tersebut ketika kamu mengalami pusing saat menstruasi.

  • Memijat ringan

Dengan melakukan pijatan ringan di area kepala selama beberapa menit, sakit kepalamu akan dapat mereka. pijat bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi sakit kepala ketika menstuasi. Hal ini karena sakit kepala ketika menstruasi disebabkan oleh tension headaches yang biasanya disebabkan karena stres.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi sakit kepala saat menstruasi. Kamu dapat mengonsumsi obat jika memang dibutuhkan. Namun, sebelumnya kamu dapat melakukan konsultasi dengan dokter. Konsultasi dokter online 24 jam bisa kamu dapatkan dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. Pada aplikasi tersebut, kamu bisa melakukan konsultasi online dengan dokter spesialis terpercaya mengenai sakit kepalamu. Dokter tentunya akan memberikan saran terhadap keluhan yang kamu rasakan. Selain itu, pada aplikasi juga terdapat fitur lain yang dapat kamu manfaatkan untuk menambah pengetahuanmu seputar kesehatan. jadi, tunggu apa lagi? download aplikasi KlikDokter sekarang juga.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>